• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

PEMBINAAN IBADAH TAHAP VIII KELAS VIII G dan PESERTA DIDIK SUSULAN

PEMBINAAN IBADAH TAHAP VIII - Hari Kamis (29/02/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya melaksanakan Kegiatan Pembinaan Ibadah Tahap VIII Tahun 2024/2025 berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A bagi peserta didik Kelas VIII G dan Peserta Didik Susulan.

Pembinaan Ibadah Tahap VIII Kelas VIII G dan Peserta Didik Susulan ini, diikuti oleh 50 peserta didik, Adapun jumlah peserta didik yang hadir di kelas VIII G 27 orang dan Peserta Didik Susulan 23 orangProgram unggulan Madrasah tersebut rutin dilaksanakan setiap hari selama dua hari satu malam.

Peserta didik Pembinaan Ibadah mengikuti Kegiatan Pembukaan dipimpin oleh Pembimbing Ibadah, Ridwan Ali Mahmud, S.Kom. dan Elsa Rosmiati, S.H. Pembukaan dilaksanakan secara semi formal, dengan petugas Peserta didik yang ditentukan yaitu: Pembawa Acara, Pembacaan Tawassul, Sambutan Pembimbing Pembinaan dan Pembacaan Do'a. Pembimbing menyampaikan rangkaian kegiatan Pembinaan Ibadah, Petugas peserta didik yang menjadi Imam, Adzan, Iqomah dan Petugas Amaliah Manakiban. Setelah kegiatan Pembukaan, Peserta didik diarahkan untuk bersiap menunggu waktu Sholat Ashar dengan kegiatan Berwudhu, Sholat Sunat Syukrul Wudhu dan Sholawat Bani Hasyim diawasi oleh Pembimbing.

Kegiatan - Kegiatan yang dilaksanakan pada Pembinaan Ibadah berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A diantaranya;

Pelaksanaan Sholat Fardhu Berjamaah, mulai sholat Ashar, Magrib, Isya, Shubuh dan Dzuhur, peserta didik diberikan tugas untuk mengumandangkan Adzan dan Iqomah, beberapa peserta didik juga diberikan kepercayaan untuk menjadi imam pada sholat Fardhu tersebut dan memimpin peserta didik lainnya Dzikir Jahar, Dzikir Khofi dan Khotaman.

Pelaksanaan Sholat Sunah Rawatib, diataranya: (Qobliyah dan Ba’diyah), Sholat Sunah Awwabin, Taubat, Birrulwalidaini, Lihifdzil Iman, Lisyukrinnikmah, Lidaf’il Balai, Mutlak, Istikharah, Hajat, Tahajjud, Tasbih, Witir, Isyraq, Isti’adah, Dhuha dan Kifaratil Bauli. Semua sholat-sholat sunat tersebut dilaksanakan secara Berjamaah oleh peserta Pembinaan ibadah untuk menjadikan sholat sunat berjalan dengan Khusyuk dan Khidmat, serta membuat peserta didik bisa mengamalkannya Ketika pulang ke tempatnya masing-masing.

Pengamalan Ke TQN an diantaranya Tes Bacaan Kaifiyat Dzikir, Khotaman dan Tawassul oleh Pembimbing Pembinaan Ibadah yang dilaksanakan setelah Khotaman setiap waktu sholat.

Pelaksanaan Khidmat Amaliah Manakib, kegiatan ini dilakukan oleh petugas dari peserta Pembinaan Ibadah yang sudah dipilih oleh Pembimbing pada Pembukaan. Semua yang bertugas seperti; Pembawa Acara, Pembacaan Al-Quran, Pembacaan Tanbih, Tawassul, Pembacaan Manqobah dan Khidmah Ilmiyah semuanya oleh Peserta Didik bertujuan agar peserta pembinaan ibadah bisa mengamalkan Manakib di tempatnya masing-masing.

Pelaksanaan Qiyamul Lail dan Mandi Taubat, peserta didik dibangunkan Kembali setelah beristirahat pada pukul 02.00 WIB dini hari untuk melaksanakan Qiyamul Lain dilanjutkan Mandi Taubat dibimbing oleh GTK yang bertugas.

Berikut Daftar Guru Pembimbing Pembinaan Ibadah berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A yang telah ditugaskan sesuai jadwal yang ditentukan, yaitu:

  1. Irfan Abadi, M.Ag;
  2. Ridwan Ali Mahmud, S.Kom;
  3. Empong Setiawati, S.Ag;
  4. Elsa Rosmiati, S.H.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 38 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 70 kali
MTs Serba Bakti Pontren Suryalaya Laksanakan Ngaras, Ziarah dan Halal Bi Halal (HBH)

SURYALAYA – Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Hari Senin (16/01/2024), seluruh warga Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, Peserta Didik, Guru dan Ten

19/04/2024 07:38 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 27 kali