• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Kurikulum

"Didiklah anakmu sesuai zamannya karena mereka tidak hidup di zamanmu". Ungkap Ali bin Abu Thalib. Pesan ini bukan hanya mengingatkan orang tua , tetapi juga menjadi bahan refleksi bagi lembaga pendidikan, dan pemangku kebijakan. Pendidikan harus didesain untuk membekali peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan pada masa yang akan datang, ketika peserta didik lulus dari lemaga pendidikan. Tentu tantangan yang mereka hadapi berbeda dan jauh lebih kompleks daripada saat ini.

Kementerian Agama, telah mengeluarkan KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. Regulasi tersebut menjadi payung hukum bagi MTs. Serba Bakti Suryalaya untuk terus berinovasi dalam menciptakan program pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Dalam rangka mengembangkan sistem pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa, maka materi pelajaran dikemas dalam bentuk aktivitas yang mudah dipahami dan menyenangkan, sehingga terwujud pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning).

Struktur kurikulum MTs. Serba Bakti Suryalaya merupakan pengembangan dari penjabaran visi, dan misi madrasah. Jenis program pendidikan di MTs. Serba Bakti Suryalaya, terdiri dari program mata pelajaran nasional dan program mata pelajaran muatan lokal ciri khas keunggulan lembaga yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.

Muatan nasional mencakup mata pelajaran dan alokasi waktu yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) maupun Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019.

Mata Pelajaran tersebut dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B.

Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat. Pada jenjang Madrasah Tsanawiyah, mapel kelompok A meliputi:

  1. Pendidikan Agama Islam
    • Al-Qur’an Hadis
    • Akidah Akhlak
    • Fikih
    • Sejarah Kebudayaan Islam
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Arab
  5. Matematika
  6. Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Ilmu Pengetahuan Sosial
  8. Bahasa Inggris

Mata Pelajaran Kelompok B  merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal. Pada jenjang Madrasah Tsanawiyah, mapel kelompok B meliputi:

  1. Seni Budaya
  2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  3. Prakarya dan/ atau Informatika
  4. Muatan Lokal*

Muatan lokal di MTs. Serba Bakti Suryalaya berupa program pengembangan keahlian Seni Baca Tulis Al-Quran dan kekhasan madrasah khusus dalam naungan Pondok Pesantren Suryalaya seperti Riyadhoh Tarekat Qodiriyah Naqsabandiyah .

Kualitas peserta didik menjadi salah satu faktor yang mendukung capaian prestasi MTs. Serba Bakti Suryalaya, selain peran guru dan orang tua. Peserta didik MTs. Serba Bakti Suryalaya merupakan anak-anak pilihan yang memiliki potensi luar biasa. Tentu mereka harus dibiimbing dengan program dan pembinaan yang luar biasa pula agar dapar berkembang secara optimal. Peserta didik juga diberi kesempatan dan ruang seluas-luasnya untuk meraih prestasi sesuai dengan potensi, bakat, dan minatnya. Pada dasarnya, semua anak adalah juara, semua anak dapat mengharumkan nama madrasah, orang tua, dan lingkungannya.

Halaman Lainnya
Contoh Pakaian Peserta Didik

PAKAIAN PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH SERBA BAKTI PONDOK PESSANTREN SURYALAYA

31/03/2024 08:18 - Oleh Iyus Supriatna - Dilihat 80 kali
STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH MTs SERBA BAKTI PONDOK PESANTREN SURYALAYA TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024   STRUKTUR KOMITE MADRASAH MTs SERBA BAKTI PONDOK PESANTREN SURYALAYA TAHUN

20/03/2024 06:20 - Oleh Administrator - Dilihat 833 kali
STRUKTUR BP/BK MTs. SERBA BAKTI SURYALAYA

22/01/2023 13:44 - Oleh Administrator - Dilihat 86 kali
PROFIL BP/BK

Profil BP/BK

22/01/2023 13:43 - Oleh Administrator - Dilihat 53 kali
STRUKTUR TATA USAHA MTs. SERBA BAKTI SURYALAYA

22/01/2023 13:35 - Oleh Administrator - Dilihat 83 kali