• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pelaksanaan Tugas Manajerial

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

2.1.   Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

2.1.1.  Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP

Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi 8 SNP

2.1.2.  Mampu merumuskan visi-misi madrasah sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/ RKAM dan program lainnya

Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama

2.1.3.  Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur

Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasah

2.1.4.  Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

2.2.   Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal

2.2.1.  Mampu memberi contoh berdisiplin (hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan)

Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah

2.2.2.  Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan

2.2.3.  Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien

Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya

2.2.4.  Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajaran

Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah

2.3.   Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik

2.3.1.  Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan non akademik peserta didik

Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN, dan target keunggulan non akademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya

2.3.2.  Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik

Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan bagi peserta didik

2.3.3.  Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik

Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah

2.3.4.  Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan non akademik bagi peserta didi

Dokumen penyelenggaraan kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan non akademik

2.4.   Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

2.4.1.  Mampu menyusun prencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan

Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah

2.4.2.  Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasah

Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru

2.4.3.  Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi

Data dukungan kepala madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi

2.4.4.  Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasah

Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

2.5.   Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal

2.5.1.  Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan rana madrasah (gedung, bangunan, lahan, meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)

Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana madrasah dikelola dengan baik

2.5.2.  Mampu mengelola perpustakaan madrasah

Data perpustakaan dikelola dengan baik

2.5.3.  Mampu mengelola laboratorium madrasah

Data laboratorium dikelola dengan baik

2.5.4.  Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb.)

Data fasilitas penunjang dikelola dengan baik

2.6.   Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik

2.6.1.  Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan, dan pengembangan kompetensi peserta didik

Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal

2.6.2.  Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik

2.6.3.  Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai

Data program kegiatan akademik dan non akademik melalui penanaman nilai-nilai

2.6.4.  Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal

Data keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

2.7.   Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

2.7.1.  Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013 dalam kegiatan IHT, workshop, rapat koordinasi, dan kegiatan MGMP / KKG

Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, workshop, rapat koordinasi, atau kegiatan MGMP / KKG

2.7.2.  Mampu mengendalikan pelaksanaan Kurikulum 2013 berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik

Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik

2.7.3.  Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran

Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan proses pembelajaran

2.7.4.  Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan

Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain

2.7.5.  Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan non akademik

Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik

2.8.   Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

2.8.1.  Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjang

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.2.  Mampu mengupayakan sumber-sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.3.  Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi

Dokumen RKJM dan RKT

2.8.4.  Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, transparan, dan akuntabel

Dokumen RKJM dan RKT

2.9.   Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah

2.9.1.  Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku

Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

2.9.2.  Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.9.3.  Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.9.4.  Mampu mengelola administasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

2.10.         Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya

2.10.1.  Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai

Dokumen SKP yang terukur

2.10.2.  Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai

2.10.3.  Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

2.10.4.  Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya

Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi

Halaman Lainnya
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024

Komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, meliputi: Usaha Pengembangan Madrasah; Pelaksanaan Tugas Manajerial; Pengembangan Kewirausahaan; Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidik

17/11/2024 22:28 - Oleh Administrator - Dilihat 1316 kali
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 4.1.    Menyusun program supervisi akademik dalam rangka

17/11/2024 22:06 - Oleh Administrator - Dilihat 1918 kali
Pengembangan Kewirausahaan

Pengembangan Kewirausahaan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 3.1.    Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan ma

17/11/2024 22:05 - Oleh Administrator - Dilihat 2204 kali
Usaha Pengembangan Madrasah

Usaha Pengembangan Madrasah UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 1.1.   Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan 1.1.1.  Mampu men

17/11/2024 22:02 - Oleh Administrator - Dilihat 1702 kali
PESERTA DIDIK TERDAFTAR

CALON PESERTA DIDIK TERDAFTAR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN AJARAN 2025/2026 MADRASAH TSANAWIYAH SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA (UPDATE HARI KAMIS, 13 MARET 2025)  

13/05/2024 08:57 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 2088 kali