PROGRAM UNGGULAN
MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK BERAKHLAK MULIA YANG SANTUN, TA'AT, TUNDUK, PATUH, BERKHIDMAT, BERBAKTI DAN SENANTIASA MENDO'AKAN IBU BAPAKNYA AGAR MENJADI ANAK SHALEH DAN SHALÉHA YANG CAGEUR BAGEUR LAHIR BATIN
Program Unggulan Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pontren Suryalaya diantaranya:
- Pembinaan dan bimbingan ibadah (Sholat, Dzikir, Khotaman, Manaqiban) berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom (Syeikh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin Ra), jadwal ibadah sehari semalam dan qiyamul lail di madrasah.
- Revitalisasi kearifan lokal (Local Genius) mata pelajaran TQN (Ciri Khas Kesuryalayaan), pembinaan dan bimbingan Sholat, Dzikir, Khotaman, Pengajian Al-Qur'an dan Kitab Kuning (Pengajian Pesantren) di Mesjid Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya.
- Optimalisasi Ibadah Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) melalui kegiatan Talqin Dzikir, Pembinaan Khusus Kelas IX Pasca Ujian Akhir Madrasah menjelang kelulusan dan pelepasan dalam rangka mengakhiri perjuangan belajar selama tiga tahun.
- Pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan potensi kepemimpinan, keorganisasian dan kemasyarakatan, praktek leadership, memenej organisasi, berdemokrasi, bersosialisasi dan bermasyarakat, wawasan kebangsaan dan penanaman Idiologi Negara Pancasila, agar peserta didik sebagai calon pemimpin masa depan menjadi Manusia Indonesia seutuhnya yang merupakan Modal Dasar Pembangunan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Pembelajaran, pembinaan dan pengembangan keahlian Baca Tulis Qur'an (BTQ), qiroat, tahfidz dan khat indah Al-Qur'an (kaligrafi), rebana, marawis, marhaba dan seni islami lainnya yang mengakomodir potensi dan bakat peserta didik
- Pembelajaran, pembinaan, pengembangan, keahlian dan kemampuan terasi, berkomunikasi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta penguasaan teknologi digital dalam upaya menciptakan peserta didik berdaya saing global untuk mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi, Madrasah Hebat Bermartabat dan Madrasah Kelas Dunia.
- Pembinaan kedisiplinan, pembentukan watak, kepribadian dan karakter melalui kegiatan Upacara Bendera setiap hari Senin, Apel Pagi Sholawat dan Do'a setiap hari, Tadarus Juz. Amma sebelum belajar setiap hari dan Kegiatan Ekstrakurikuler PRAMUKA, PKS, PASKIBRA, PMR, UKS, DKM, Seni dan Olahraga.
- Implemantasi Panca Prestasi Madrasah dan optimalisasi bimbingan belajar siswa berprestasi dan pembinaan siswa bermasalah seperti penanganan kesulitan belajar dan penanggulangan gangguan belajar melalui peningkatan peran dan fungsi seluruh komponen madrasah.
- Pembinaan dan pengembangan kecakapan hidup (Life Skills) penataan lingkungan hidup yang Bersih, Elok, Rapih, Rindang, Indah, Asri dan Sehat ( BERIAS), dekorasi dan pertamanan
BELAJAR DI KELAS TANBIH : TERTIB, AMAN, NYAMAN, BERSIH, INDAH, HUMANIS
Halaman Lainnya
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024
Komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, meliputi: Usaha Pengembangan Madrasah; Pelaksanaan Tugas Manajerial; Pengembangan Kewirausahaan; Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidik
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 4.1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka
Pengembangan Kewirausahaan
Pengembangan Kewirausahaan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 3.1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan ma
Pelaksanaan Tugas Manajerial
Pelaksanaan Tugas Manajerial UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 2.1. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan 2
Usaha Pengembangan Madrasah
Usaha Pengembangan Madrasah UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 1.1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan 1.1.1. Mampu men