• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Usaha Pengembangan Madrasah

UNSUR TUGAS UTAMA

INDIKATOR KINERJA

DOKUMEN/ BUKTI

1.1.   Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan

1.1.1.  Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program

Dokumen struktur madrasah

1.1.2.  Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan

Dokumen uraian tugas personalia di madrasah

1.1.3.  Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

1.2.   Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif

1.2.1.  Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi

Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari pada pencapaian sebelumnya

1.2.2.  Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

1.2.3.  Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi terprogram

1.2.4.  Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu

1.3.   Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

1.3.1.  Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.3.2.  Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Dokumen program kerja sama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.3.3.  Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

Data hasil kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

1.4.   Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional

1.4.1.  Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi

Dokumen analisis SNP dalam hal standar isi

1.4.2.  Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses

Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses

1.4.3.  Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian

Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian

1.4.4.  Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusan

1.5.   Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah

1.5.1.  Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.5.2.  Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.5.3.  Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran

1.5.4.  Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

1.6.   Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

1.6.1.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

1.6.2.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat / media pembelajaran

Adanya bukti pemanfaatan teknologi infomrasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran

1.6.3.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain

1.6.4.  Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapai

1.7.   Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah

1.7.1.  Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, SD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan

1.7.2.  Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model penerapan TIK dalam pengelolaan administrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya : pengelolaan kurikulum berbasis komputer, inttranet, dan internet

1.7.3.  Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, dan internet

Halaman Lainnya
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024

Komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, meliputi: Usaha Pengembangan Madrasah; Pelaksanaan Tugas Manajerial; Pengembangan Kewirausahaan; Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidik

17/11/2024 22:28 - Oleh Administrator - Dilihat 1092 kali
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 4.1.    Menyusun program supervisi akademik dalam rangka

17/11/2024 22:06 - Oleh Administrator - Dilihat 1487 kali
Pengembangan Kewirausahaan

Pengembangan Kewirausahaan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 3.1.    Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan ma

17/11/2024 22:05 - Oleh Administrator - Dilihat 2030 kali
Pelaksanaan Tugas Manajerial

Pelaksanaan Tugas Manajerial UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 2.1.   Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan 2

17/11/2024 22:04 - Oleh Administrator - Dilihat 2473 kali
PESERTA DIDIK TERDAFTAR

CALON PESERTA DIDIK TERDAFTAR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN AJARAN 2025/2026 MADRASAH TSANAWIYAH SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA (Update Hari Senin, 10 Februari 2025)  

13/05/2024 08:57 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 1837 kali