Pengembangan Kewirausahaan
-
Pengembangan Kewirausahaan
UNSUR TUGAS UTAMA |
INDIKATOR KINERJA |
DOKUMEN/ BUKTI |
3.1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah |
3.1.1. Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah |
Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun |
3.1.2. Menggunakan metode, teknik, dan proses perubahan madrasah |
Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik |
|
3.1.3. Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi |
Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berfikirkreatif dan inovatif |
|
3.1.4. Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa / keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru |
Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal baru |
|
3.2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif |
3.2.1. Mampu bertindak kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
|
3.2.2. Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal ke dalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah |
||
3.2.3. Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, dan produktif) di kalangan warga madrasah |
||
3.2.4. Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
|
3.3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah |
3.3.1. Bersedia belajar dari orang lain |
|
3.3.2. Ingin selalui melakukan yang terbaik |
||
3.3.3. Menciptakan perubahan yang kuat |
||
3.4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah |
3.4.1. Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan |
|
3.4.2. Mampu bersikap obyektif / tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
||
3.4.3. Mampu bersikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
Adanya bukti sikap simpatik / tenggang rasa terhadap orang lain |
|
3.5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik |
3.5.1. Mampu merencanakan kegiatan produksi / jasa sesuai dengan potensi madrasah |
Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah |
3.5.2. Mampu membina kegiatan produksi / jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel |
||
3.5.3. Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran peserta didik dan pemasukan dana tambahan bagi madrasah |
||
3.5.4. Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
Adanya dokumen pelaksanaan pengawasan kegiatan produksi / jasa dan menyusun laporan |
|
3.5.5. Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya |
Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi / jasa da pemasarannya |
Halaman Lainnya
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024
Komponen Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, meliputi: Usaha Pengembangan Madrasah; Pelaksanaan Tugas Manajerial; Pengembangan Kewirausahaan; Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidik
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 4.1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka
Pelaksanaan Tugas Manajerial
Pelaksanaan Tugas Manajerial UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 2.1. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan 2
Usaha Pengembangan Madrasah
Usaha Pengembangan Madrasah UNSUR TUGAS UTAMA INDIKATOR KINERJA DOKUMEN/ BUKTI 1.1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan 1.1.1. Mampu men
PESERTA DIDIK TERDAFTAR
CALON PESERTA DIDIK TERDAFTAR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TAHUN AJARAN 2025/2026 MADRASAH TSANAWIYAH SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA (Update Hari Senin, 10 Februari 2025)