• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pertama Kali OSIS MTS Serba Bakti Gelar Pemilu Secara Virtual

Situasi dan kondisi akibat pandemi Covid 19 berdampak cukup signifikan terhadap seluruh aktivitas di lingkungan Madrasah. Tak terkecuali akibat pandemi tersebut mengharuskan kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dilaksanakan secara daring.
Pada tahun ini, OSIS MTS Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya pertama kalinya menggelar Pemilihan Umum Pengurus OSIS secara virtual. Pemilu yang dimaksud adalah memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS Baru untuk Masa Hidmat 2021-2022. Pemilu secara Virtual munggaran tersebut digelar di Aula Mini MTS Serba Bakti pada Senin kemarin (28/12/2020). Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua yang diusung yaitu Siti Nurjanah dengan Revan Permana (Paslon no.1), M. Esan Agustian N. dengan Dede Perdi Abdullah (Paslon no.2), dan Novia Dwi Aulia dengan Hana Amelia (Paslon no.3).
Adapun mekanisme pemilihan yaitu: Pertama, tahap publikasi paslon beserta visi dan misi dari masing-masing paslon melalui rekaman video dan publikasi tata cara pemilihan. Tahap publikasi tersebut diinformasikan kepada semua kelas melalui WA Grup kelasnya masing-masing, juga di sebarkan melalui IG dan Youtube MTs. Serba Bakti. Kedua, simulasi penggunaan perangkat IT untuk kegiatan pemilu OSIS secara Virtual. Simulasi tersebut dilakukan pada H-1. Ketiga, tahap pelaksanaan kegiatan. Pada tahapan ini Komisi Pemilu OSIS menghadirkan Kepala Madrasah dan para wakil kepala, perwakilan Dewan Guru, para paslon, dan para panitia di ruangan yang telah disetting sedemikian rupa. Keempat, tahap pemilihan. Pada tahap tersebut, Komisi Pemilu OSIS menggunakan aplikasi Google Form. Semua pemilih menggunakan hak pilihnya melalui link yang telah dishare WA Grup kelas masing-masing. Tahap terakhir yaitu penghitungan Suara. Pada tahapan ini suara sah akan dapat langsung muncul dan bisa disaksikan oleh para pemilih.
Pada pelaksanaannya, pesta demokrasi virtual tersebut disaksikan oleh seluruh siswa dan dewan guru pada channel Youtube secara LIVE yang telah disiapkan oleh tim IT. Dengan demikian para pemilih dapat menyaksikan rangkain kegiatan pemilu OSIS tersebut mulai dari acara pembukaan hingga penghitungan suara tanpa harus tatap muka.
Meski banyak mendapat kritikan, kegiatan pemilu virtual ini mendapat apresiasi dari Kepala Madrasah, Nurhidayat, S.Ag., M.S.I. Dalam sambutannya, Ia mengutarakan “Semangat Pemilu OSIS Tahun 2020 harus berwujud menjadi Program Penguatan OSIS Sebagai Unggulan untuk mewujudkan Visi MTs. Serba Bakti : Unggul Kompeten Favorit Akuntebel berdasarkan Kebijakan Kementerian Agama RI : 1. Lima Nilai Budaya Kerja, 2. Panca Prestasi Madrasah, 3. Revolusi Pendidikan Madrasah, 4. Mimpi Besar Membangun Madrasah, 5. Daya Saing Madrasah, Madrasah Kelas Dunia, 6. Digitalisasi Madrasah (4.O), 7. Lima Nilai Budaya Mutu dan Penguatan Keunggulan Lokal, untuk mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat.”
Di akhir sambutannya, Kepala Madrasah menyampaikan arahan dan motivasi kepada seluruh siswa secara umum, terlebih kepada para calon pemimpin yang akan bertanding pada pemilu OSIS tahun 2020 tersebut.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 7 kali
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 52 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 94 kali