• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Dongkrak Peran dan Fungsi Komite Madrasah, MTs Serba Bakti gelar Lokakarya

Dalam upaya meningkatkan peran, fungsi dan produktifitas Komite Madrasah, MTs Serba Bakti Suryalaya menggelar Lokakarya Komite selama dua hari, yaitu tanggal 12 s.d 13 Januari 2021 di Aula Mini MTs Serba Bakti. Peserta lokakarya terdiri dari Penasehat Komite 1 orang, Pengawas Komite 1 orang, Ketua 1 orang, Wakil Ketua 1 orang, Sekretaris 1 orang dan anggota 9 orang, ditambah GTK sebanyak 47 orang. Semuanya menjadi peserta, supaya semua memiliki pemahaman yang sama tentang Komite Madrasah.
Pada hari pertama kegiatan lokakarya tersebut dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama, Kasi Penma dan Pengawas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya. Dalam sambutannya, Kepala Kemenag, H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd. menyampaikan materi tentang urgensi Komite Madrasah berdasarkan undang-undang, peraturan dan regulasi pemerintah terkini. Ia mengatakan bahwa kemajuan sebuah madrasah tidak akan terlepas dari kerjasama yang baik antara Komite dan Pimpinan Madrasah. “Jika sekolah (madrasah) maju berarti Kepala Madrasah dan Komite bersinergi.” Ungkapnya.
Sementara itu Kasi Penma, H. Suryana, M. Ag., menyampaikan bahwa peran Komite Madrasah tak ubahnya seperti dalam tatanan kenegaraan ada dikenal dengan Trias Politika (eksekutif, legislatif, dan yudikatif). Selain itu Ia pun menjelaskan seperti halnya dalam tatanan budaya Sunda yang dikenal dengan filosofi Tritangtu, yaitu Ratu (pemelihara), Rama (kreator), dan Resi (penghancur nilai-nilai jahat yang akan merongrong kewibawaan suatu komunitas). "Kepala Madrasah adalah Ratu (pemelihara), Komite Madrasah adalah Rama (kreator), dan Resi dalam hal ini adalah Pimpinan Pesantren atau Ketua Yayasan.” Jelasnya. Diakhir biantaranya, H. Suryana mengamanatkan agar tidak merasa puas dengan keadaan yang telah dicapai saat ini. Ia mengajak untuk terus bersaing dengan madrasah lain yang lebih baik, diantaranya dengan cara ATM (mengamati, meniru dan memodifikasi) kelebihan madrasah yang lebih maju.

Berkaitan dengan peran Komite MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Nurhdayat, S,Ag., M.S.I mengatakan bahwa dalam merespon program Kementerian Agama Republik Indonesia tentang Revolusi Pendidikan Madrasah untuk menghantarkan mimpi besar membangun madrasah dalam usaha mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, selain perlu disiplin penerapan Lima Nilai Budaya Kerja, Panca Prestrasi Madrasah dan Digitalisasi Sistem Pengelolaan Madrasah, diperlukan peran aktif, pemikiran kreatif, terobosan inovatif dan kerja produktif dari Komite Madrasah. Ia mengharapkan momentum lokakarya ini mampu mengetuk relung hati dan menggedor qalbu seluruh komponen MTs Serba Bakti untuk memacu cepatnya laju perjuangan pada setiap keadaan, dengan prinsip sikap cepat respon, cepat tanggap, cepat tindak dan dengan prinsip tindakan kerjakan tugas tanpa tapi, tuntaskan tanpa nanti dan optimalkan inovasi tanpa henti.

Pada kegiatan yang dibiaya dari dana Komite tersebut Nurhidayat melaporkan kepada Kepala Kemenag bahwa Komite MTs Serba Bakti sejak tahun 2001 telah terbentuk dan telah berperan aktif bukan hanya sekedar memenuhi tuntutan administratif, sehingga eksistensinya telah menorehkan sejarah positif bagi perkembangan pendidikan MTs. Serba Bakti hingga saat ini. Ia pun menjelaskan bahwa Komite MTs. Serba Bakti telah memiliki Surat Keputusan Pengangkatan, Susunan Pengurus, Struktur Organisasi, Referensi Dasar Hukum Komite, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Pemgagian Tugas atau Tugas Pokok Fungsi, Tanggung Jawab dan Kewenangan (Job Description) dan Program Kerja Masa Hidmat 2017 – 2021.

Selain itu Kamad pun melaporkan bahwa mulai awal tahun pelajaran 2021/2022 rencana pengembangan madrasah telah menetapkan bahwa MTs Serba Bakti harus melaksanakan Program Madrasah Full Day School dengan penguatan adab, ibadah dan akhlak, penguatan bahasa Inggris dan Arab, penguatan penguasaan komputer edukatif, penguatan keterampilan dan keahlian serta penguatan empat pilar kebangsaan, semuanya itu dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan Panca Prestasi Madrasah dalam upaya mendongkrak Budaya Mutu Madrasah sebagaimana telah diprogramkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan kehadiran Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Kasi Penma dan Pengawas, diharapkan semoga mampu menyulut motivasi, membakar semangat juang, menginspirasi dan mengedukasi Komite Madrasah khususnya dan warga madrasah pada umumnya, dalam usaha Penguatan Peran, Fungsi dan Produktivitas Komite Madrasah.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGAYAAN UM DI MTS SERBA BAKTI SURYALAYA

Pengayaan Ujian Madrasah (UM) kelas IX MTs Serba Bakti Suryalaya Tahun Pelajaran 2023/2024 tetap dilaksanakan meski di bulan Suci Ramadhan. Pengayaan tersebut dilaksanakan sejak tanggal

01/04/2024 23:00 - Oleh Kamaludin Koswara - Dilihat 492 kali
Kegiatan Kifrah Ramadhan di Masjid Nurul Asror bagi peserta didik Kelas VII dan VIII

SURYALAYA - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, didalamnya banyak hal unik dan menarik yang dapat dilakukan berkaitan dengan keagamaan yang tidak dapat kita jumpai di bulan l

01/04/2024 22:34 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 644 kali
Peserta Didik MTs Serba Bakti Semangat Mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat di Daerahnya masing-masing

SURYALAYA – Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh peserta didik khususnya kelas 7 dan 8  ketika bulan Ramadhan adalah kegiatan Pesantren Ramadhan atau biasa disebut

01/04/2024 08:30 - Oleh Iyus Supriatna - Dilihat 657 kali