• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

LAUNCHING PEMBERDAYAAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MTs SERBA BAKTI TAHUN 2022

MTs Serba Bakti. Cita-cita mulia Pangersa Abah Anom ra. yang pernah difatwakan beliau beberapa tahun silam adalah bahwa Santri Pondok Pesantren Suryalaya harus menguasai bahasa dunia, yakni Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Hal tersebut sejalan dengan Program Kementerian Agama RI saat ini, yakni mewujudkan Madrasah Kelas Dunia. Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya secara berturut-turut pada Pembinaan GTK tahun 2020 dan 2021 telah menyampaikan instruksi agar pemberdayaan Bahasa Arab di MTs. Serba Bakti segera dimulai dan diwujudkan dalam rangka mengimplementasikan cita-cita mulia dan fatwa Pangersa Abah Anom tersebut.

Berdasarkan urgensi dan landasan tersebut, Kepala MTs. Serba Bakti, Nurhidayat, M.S.I. menyampaikan amanat dan arahan akan pentingnya menguasai bahasa Arab. Ia pun langsung membuka secara resmi Program Pemberdayaan Bahasa Arab Bahasa Arab MTs. Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Sabtu pagi (19/2/2022) di Aula mini (Ruang Kelas VII A). “Kita launching Pemberdayaan Bahasa Arab, semoga kita dapat menyulut dan menyalakan api semangat belajar bahasa arab dengan bersungguh-sungguh berkesinambungan dan berkelanjutan, sehingga peserta didik MTs. Serba Bakti dapat memenuhi harapan Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya untuk mewujudkan cita-cita mulia dan fatwa Pangersa Abah Anom Syeikh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin Ra., ingat bahwa bahasa arab adalah ummullughoh, yakni ibu semua bahasa, betapa pentingnya belajar dan menguasai bahasa arab.” Tegasnya. Ia pun menambahkan bahwa jika di masa depan tidak bisa menguasai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (bahasa Dunia), maka akan buta huruf dan tertinggal”

Kegiatan launching tersebut dihadiri oleh para wakil kepala, guru bahasa Arab, guru mapel kelas VII – VIII, para wali kelas dan seluruh peserta didik kelas VII dan kelas VIII, dengan instruktur H. Dimas Yodistira. Lc., M. Ag., yang insya Allah akan terus membimbing dan membina peserta didik MTs. Serba Bakti sampai mampu berkomunikasi dan menguasai bahasa arab dengan sebaik-baiknya.

Dalam presentasinya, salah satu guru dan dosen bahasa arab lulusan Mesir itu menegaskan bahwa terdapat emapat kompetensi yang harus dimiliki untuk menguasai bahasa, yaitu maharotul istima’ (kemampuan mendengarkan), maharotul hadits (kemampuan berbicara), maharotul qiroah (kemampuan membaca), dan maharotul kitabah (kemampuan menulis). Untuk menguasai bahasa arab dengan cepat diperlukan beberapa strategi, diantaranya dengan cara memperbanyak dan menghafal kosa kata bahasa Arab, mempraktekan kosa kata bahasa arab, berani (jangan malu) mengucapkan kosa kata Arab, tidak takut salah dalam berbicara bahasa Arab, menempelkan kosa kata di tempat-tempat strategis.

Selain itu, mubaligh Pontren Suryalaya yang dikenal dengan humorisnya itu memaparkan pula langkah-langkah efektif yang harus dilakukan untuk mahir berbahasa Arab. “Yang harus disiapkan untuk bisa Bahasa arab, kita harus menyiapkan buku khusus untuk menulis kosa kata Bahasa Arab, selalu hadir setiap penyampaian kosa kata bahasa Arab, dan jangan malas mengucapkan Kata berbahasa Arab.” Pungkasnya.

Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika menguasai bahasa Arab, sehingga Ibnu Taimiyah pun mengatakan “Mempelajari Bahasa Arab adalah sesuatu yang Fardu, wajib bagi setiap Muslim.” Oleh karena itu pemberdayaan bahasa Arab ini sangatlah penting dilakukan sedini mungkin, khususnya pada usia produktif untuk bisa mencerna ilmu dengan cepat khususnya dalam menguasai Bahasa Arab. Pepatah mengatakan “Bahasa Adalah Kunci Dunia” dan “Bahasa Arab adalah Bahasa Ahli Syurga.”

Komentar

Luar biasa.. Semoga Mts serba bakti semakin maju semakin berkembang menjadi madrasah kelas dunia dengan memberdayakannya bahasa dunia ????

Semoga program berjalan lancar

MasyaAllah...Mdh2an program nya berjalan dengan lancar dan tercapai apa yang diinginkan , sehingga MTs Serba Bakti lebih maju aamiin.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGAYAAN UM DI MTS SERBA BAKTI SURYALAYA

Pengayaan Ujian Madrasah (UM) kelas IX MTs Serba Bakti Suryalaya Tahun Pelajaran 2023/2024 tetap dilaksanakan meski di bulan Suci Ramadhan. Pengayaan tersebut dilaksanakan sejak tanggal

01/04/2024 23:00 - Oleh Kamaludin Koswara - Dilihat 492 kali
Kegiatan Kifrah Ramadhan di Masjid Nurul Asror bagi peserta didik Kelas VII dan VIII

SURYALAYA - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, didalamnya banyak hal unik dan menarik yang dapat dilakukan berkaitan dengan keagamaan yang tidak dapat kita jumpai di bulan l

01/04/2024 22:34 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 644 kali
Peserta Didik MTs Serba Bakti Semangat Mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat di Daerahnya masing-masing

SURYALAYA – Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh peserta didik khususnya kelas 7 dan 8  ketika bulan Ramadhan adalah kegiatan Pesantren Ramadhan atau biasa disebut

01/04/2024 08:30 - Oleh Iyus Supriatna - Dilihat 658 kali