• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Hari ke-2 MATSAMA MTs Serba Bakti Pontren Suryalaya, Peserta Didik Baru Antusias

TASIKMALAYA – Hari ke-2 pelaksanaan masa Ta`aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MTs Serba Bakti Tahun pelajaran 2023/2024 berjalan lancar, peserta MATSAMA sangat antusias dalam penerimaan materi di aula mini MTs Serba Bakti pada hari Kamis (13/07/2023).

Kegiatan MATSAMA hari ke-2 ini mulai Pukul 07.00 - 15.30 Wib, diawali dengan Apel Pagi, Disiplin baris-berbaris, berdo’a bersama sebelum belajar dan Tilawah QS. Al Fatihah. Dilanjutkan dengan Semangat pagi, Ice Breaking, kegiatan kesiswaan, Penyampaian Materi MATSAMA, Sholat Dhuha, Sholat Dzuhur dan diakhiri dengan sholat Ashar.

  

Selanjutnya Peserta diberikan materi terkait dengan Empat Pilar Kebangsaan dan Moderasi Beragama mulai dari jam 07.30-09.00 WIB. Dalam kegiatan ini yang mengisi materi tersebut adalah Heri M. Ibrahim, S.Pd.I. dan Yayu Rahayu, S.Pd.I, selaku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. yang akrab dipanggil Pak Heri menyampaikan motivasi dan dominasi wawasan kebangsaan terhadap peserta didik baru, merupakan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi, mengingat kondisi bangsa Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang telah banyak mengikis nilai-nilai kebangsaan dan dominasi budaya asing telah banyak merusak sendi-sendi peradaban bangsa Indonesia ungkapnya.

Pendiri pondok pesantren suryalaya, Syekh Abdullah Mubarak bin Noor Muhammad R.A., mengamanatkan dalam TANBIH agar kita “taat kepada agama dan negara” oleh karena itu setiap Ikhwan TQN harus menjadi warga negara yang baik antara lain dengan mengetahui, memahami, menghayati empat pilar kebangsaan sebagai pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara tambahnya.

  

Setelah selesai mendengarkan materi Empat Pilar Kebangsaan dan Moderasi Beragama, selanjutnya diisi dengan materi Koperasi dan Tabungan Siswa dari jam 09.00 -09.30 WIB. Materi ini di sampaikan oleh Hj. Emin Aminah, S.Pd. menjelaskan bahwa fungsi Koperasi bagi Peserta didik dan kewajiban Peserta didik untuk berpartisipasi dalam tabungan siswa selama di Madrasah.

Setelah Penyampaian dua Materi, kegiatan MATSAMA hari ke-2 ini dilanjutkan dengan sholat Dhuha yang dilaksanakan di Mesjid Jami Nurul Asror, semua peserta didik Bersama-sama berangkat di temani oleh dewan guru dan pembimbing Panitia OSIS.

  

Penyampaian Materi ketiga kegiatan MATSAMA hari ke-2 adalah penyampaian Konsep Dasar Riyadhoh (Bimbingan Praktek Ibadah), Pembekalan, Bimbingan dan Pembiasaan Disiplin. Yang mengisi materi tersebut adalah Ammar Nandang Nurjaman, selaku Pembina ekstra di MTs Serba Bakti. Pa Ammar menyampaikan dalam materinya “sebagai Peserta didik di sekolah yang di didirikan oleh Wali Allah, Abah Sepuh dan Abah Anom, kita sebagai Ikhwan dan murid harus bisa mengamalkan amalan yang sudah diwasiatkan oleh Abah Sepuh dan Abah Anom berkaitan dengan materi Riyadhoh. Dan juga Belajar Disiplin, dan ber-etika Ketika beraktifitas di dalam maupun di luar Madrasah agar bisa menjadi peserta didik kesayangan di rumah, teladan di Madrasah dan kebanggaan di Masyarakat".

  

Materi akhir dalam kegiatan MATSAMA hari ke-2 adalah Kunjungan Objek Study di Lingkungan Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, kegiatan ini akan dibimbing langsung oleh Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Guru mata pelajaran Fikih, Ibu Empong Setiawati, S.Ag. dan Ibu Dra. Suroh. Pelaksanaan Kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan semua Lembaga dan Aspek yang ada dibawah Yayasan Serba Bakti yang mulai dari TK, SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Perguruan Tinggi.

Dari keseluruhan materi yang disampaikan, tampak peserta didik baru MTs Serba Bakti menyimak dengan baik. Dan menandakan sangat tertarik dengan materi yang disampaikan. Dan mudah-mudahan dengan materi yang diberikan dapat diamalkan, diterapkan dan bermanfaat.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Serba Bakti Mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan

TASIKMALAYA - Berdasarkan instruksi Pemerintah Kecamatan Pagerageung, pada tanggal 29 April 2024, dan juga Instruksi Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, pada tanggal 30 April 2024. P

02/05/2024 09:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 18 kali
Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Serba Bakti Gelar Upacara Bendera

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di dua tempat, Pertama Upacara Tingkat Madrasah di Lapangan

02/05/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 20 kali
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 17 kali