• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

MTs Serba Bakti Ikuti Upacara Hari Jadi Pendidikan Formal Pontren Suryalaya Ke- 62

SURYALAYABertempat di Lapangan Kampus II (komplek Pendidikan; TK, SMPI, SMA, dan SMK Suryalaya), Upacara Peringatan Hari Jadi Pendidikan Formal Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya yang ke-62 dilaksanakan Hari Selasa Pagi ini (01/08/2023).

 

Acara yang lebih dikenal dengan HARDIKSUR ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, diikuti oleh seluruh peserta didik (siswa/mahasiswa), Tenaga Pendidik/Kependidikan Yayasan Pontren Suryalaya. Adapun Petugas Upacara HARDIKSUR Antara Lain:

  • Pembina Upacara : Drs. H. Denny Harmaen Gandasapoetra, MM.
  • Pembaca Amanat : Arif Saeful Alam. S, MM.
  • Tura : Syahid Sidik Irfan (DKR Pageurageung)
  • Pimpinan : Amdad Riyadhi (STIE Latifah Mubarokiyah)
  • Ajudan : Eka Ihsan (SMK Plus YSB)
  • Pembaca UUD 1945 : Zahra Nurhanifah (SMA Serba Bakti)
  • Pembaca Pancasila : Kamilah Nur Fauziah (TK Hj. Euis Siti Ru’yanah)
  • Paduan Suara : Gabungan IAILM, STIELM, SMA, MA, dan SMK Serba Bakti
  • PASKIBRA : Gabungan MTs, MA, SMA dan SMK Serba Bakti
  • Pembawa Acara : Siti Rosidah (SMK)
  • Pembacaan Do’a : Abdul Majid, MSc.

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Ketua Umum Yayasan Serba Bakti, Drs. H. Denny Harmaen Gandasapoetra, MM. Acara ini dihadiri oleh Dewan Guru dan Dosen dari semua lembaga di bawah YSB (TK, SMPI, MTs, MA, SMA, SMK, STIELM, dan IAILM), Unsur Muspika Kecamatan, Para Tokoh Masyarakat, keluarga Pontren, dan undangan lainnya.

 

Peringatan Hari Jadi Pendidikan Formal ini diawali dengan Tahlil/Haul untuk Pendiri Pontren Suryalaya, Syekh Abdullah Mubarok (Abah Sepuh) dan untuk Mursyid TQN Suryalaya, Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin (Abah Anom), serta untuk para perintis Pendidikan yang telah wafat.

Kegiatan yang dihelat pada tiap tanggal 1 Agustus tersebut merupakan perwujudan rasa syukur atas segala kenikmatan yang telah diraih khususnya dalam bidang pendidikan. Dalam sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya, KH. Baban Ahmad Jihad, SB.Ar. yang dibacakan oleh Bapak Arif Saeful Alam, mengatakan : “Peringatan HARDIKSUR ini dimaknai dengan rasa syukur kita kepada Allah Swt atas kemajuan di Bidang Pendidikan Formal Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, dengan bukti bertambahnya animo dan kepercayaan Masyarakat kepada lembaga-lembaga dibawah naungan Yayasan Serba Bakti. Masyarakat Percaya dengan menyekolahkan anak-anaknya dari tahun ke tahun meskipun masih banyak kekurangan di lembaga kita.”

 

Keluarnya Regulasi dan Peraturan Baru Yayasan Serba Bakti yang semula mengurusi umat menjadi mengelola Satuan Pendidikan yang ada dalam naungan Yayasan. maka dari itu perlu untuk melakukan tata kelola reformasi pembaharuan lembaga-lembaga di bawahnya, meliputi satuan Pendidikan mulai PAUD, TK, MTs, SMPI, MA, SMA, SMK, IAILM dan STIELM. dengan Tujuan untuk 1) Terwujudnya sistem Pendidikan Formal yang mendukung; 2) Menguatkan Lembaga Pengajian Tradisiona sebagai ciri khas Pendidikan Pondok Pesantren; 3) Sentralisasi Keuangan dari Seluruh Satuan Pendidikan; dan 4) Tata Kelola Kepegawaian yang baku sesuai dengan situasi dan kondisi” tambahnya

Dalam sambutannya, Pembina YSB mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pengurus Yayasan, para Dosen dan Dewan Guru Satuan Pendidikan yang telah berkontribusi dalam kemajuan Bidang Pendidikan Formal Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya ini.

 

Acara ini diakhiri dengan beberapa hiburan dari masing-masing sekolah yang menampilkan beberapa kreasi seninya, mulai dari penampilan anak-anak TK Ibu Hj. Euis Siti Ruyanah, SMPI Serba Bakti Suryalaya, MTs Serba Bakti Suryalaya, MA Serba Bakti Suryalaya, SMA Serba Bakti Suryalaya, SMK PLUS YSB Suryalaya sampai penampilan dari mahasiswa STIE dan IAI Latifah Mubarokiyah.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 7 kali
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 52 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 94 kali