• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pembinaan Ibadah Tahap III Tahun Pelajaran 2023/2024 bagi kelas VII C dan VII F

PEMBINAAN IBADAH TAHAP III - Hari Jum'at (13/10/2023) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya melaksanakan Kegiatan Pembinaan Ibadah Tahap III Tahun 2023/2024 berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A bagi peserta didik Kelas VII C dan VII F.

Pembinaan Ibadah Tahap III Kelas VII C dan VII F ini, diikuti oleh 52 peserta didik, Adapun jumlah peserta didik yang hadir di kelas VII C 25 orang dan peserta didik kelas VII F 27 orang. Program unggulan Madrasah tersebut rutin dilaksanakan setiap hari selama dua hari satu malam.

 

Peserta didik Pembinaan Ibadah mengikuti Kegiatan Pembukaan dipimpin oleh Pembimbing Ibadah, Iyus Supriatna, S.Pd., Nur Asri Pamungkas, S.Pd. dan Yayah Asiyah, S.Ag. Pembukaan dilaksanakan secara semi formal, dengan petugas Peserta didik yang ditentukan yaitu: Pembawa Acara, Pembacaan Tawassul, Sambutan Pembimbing Pembinaan dan Pembacaan Do'a. Pembimbing menyampaikan rangkaian kegiatan Pembinaan Ibadah, Petugas peserta didik yang menjadi Imam, Adzan, Iqomah dan Petugas Amaliah Manakiban. Setelah kegiatan Pembukaan, Peserta didik diarahkan untuk bersiap menunggu waktu Sholat Ashar dengan kegiatan Berwudhu, Sholat Sunat Syukrul Wudhu dan Sholawat Bani Hasyim diawasi oleh Pembimbing.

 

Kegiatan - Kegiatan yang dilaksanakan pada Pembinaan Ibadah berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A diantaranya;

Pelaksanaan Sholat Fardhu Berjamaah, mulai sholat Ashar, Magrib, Isya, Shubuh dan Dzuhur, peserta didik diberikan tugas untuk mengumandangkan Adzan dan Iqomah, beberapa peserta didik juga diberikan kepercayaan untuk menjadi imam pada sholat Fardhu tersebut dan memimpin peserta didik lainnya Dzikir Jahar, Dzikir Khofi dan Khotaman.

Pelaksanaan Sholat Sunah Rawatib, diataranya: (Qobliyah dan Ba’diyah), Sholat Sunah Awwabin, Taubat, Birrulwalidaini, Lihifdzil Iman, Lisyukrinnikmah, Lidaf’il Balai, Mutlak, Istikharah, Hajat, Tahajjud, Tasbih, Witir, Isyraq, Isti’adah, Dhuha dan Kifaratil Bauli. Semua sholat-sholat sunat tersebut dilaksanakan secara Berjamaah oleh peserta Pembinaan ibadah untuk menjadikan sholat sunat berjalan dengan Khusyuk dan Khidmat, serta membuat peserta didik bisa mengamalkannya Ketika pulang ke tempatnya masing-masing.

Pengamalan Ke TQN an diantaranya Tes Bacaan Kaifiyat Dzikir, Khotaman dan Tawassul oleh Pembimbing Pembinaan Ibadah yang dilaksanakan setelah Khotaman setiap waktu sholat.

Pelaksanaan Khidmat Amaliah Manakib, kegiatan ini dilakukan oleh petugas dari peserta Pembinaan Ibadah yang sudah dipilih oleh Pembimbing pada Pembukaan. Semua yang bertugas seperti; Pembawa Acara, Pembacaan Al-Quran, Pembacaan Tanbih, Tawassul, Pembacaan Manqobah dan Khidmah Ilmiyah semuanya oleh Peserta Didik bertujuan agar peserta pembinaan ibadah bisa mengamalkan Manakib di tempatnya masing-masing.

Pelaksanaan Qiyamul Lail dan Mandi Taubat, peserta didik dibangunkan Kembali setelah beristirahat pada pukul 02.00 WIB dini hari untuk melaksanakan Qiyamul Lain dilanjutkan Mandi Taubat dibimbing oleh GTK yang bertugas.

 

Berikut Daftar Guru Pembimbing Pembinaan Ibadah berdasarkan Buku Panduan Ibadah Pangersa Abah Anom R.A yang telah ditugaskan sesuai jadwal yang ditentukan, yaitu:

  1. Iyus Supriatna, S.Pd.
  2. Nur Asri Pamungkas, S.Pd.
  3. Yayah Asiyah, S.Ag.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Serba Bakti Mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan

TASIKMALAYA - Berdasarkan instruksi Pemerintah Kecamatan Pagerageung, pada tanggal 29 April 2024, dan juga Instruksi Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, pada tanggal 30 April 2024. P

02/05/2024 09:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 11 kali
Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Serba Bakti Gelar Upacara Bendera

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di dua tempat, Pertama Upacara Tingkat Madrasah di Lapangan

02/05/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 12 kali
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 10 kali