• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

MTs Serba Bakti Laksanakan Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pontren Suryalaya peringati Hari Santri dengan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 pada hari Senin (23/10/2023). Upacara hari ini terasa berbeda karena peserta didik yang menjadi peserta upacara mengenakan Busana ala santri, dengan memakai koko, gamis, sarung dan Sorban.

 

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional sesuai yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sejak 2015 silam. keputusan presiden tersebut didasari tiga pertimbangan. Pertama, ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengisi kemerdekaan. Kedua, keputusan tersebut diambil untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Ketiga, tanggal 22 Oktober tersebut diperingati merujuk pada ditetapkannya seruan resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia yang mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah.

Upacara Hari Santri dimulai pada pukul 07.00 WIB, setelah peserta upacara dilatih baris berbaris untuk menambah kedisiplinan dalam acara oleh Petugas dari Guru. Adapun yang mengikuti Upacara Hari Santri ini adalah seluruh warga Madrasah Serba Bakti, mulai dari Unsur Pimpinan MTs dan MA, GTK dan Peserta Didik MTs dan MA.

Pada Kegiatan tersebut yang bertindak sebagai pembina Upacara Adalah Kepala Tata Usaha, Bapak Kamaludin Koswara, M.Ag. yang mewakili Kepala Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pontren Suryalaya.

 

Dalam sambutannya pembina upacara membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, KH. Yaqut Cholil Qoumas yang menjelaskan bahwa Peringatan Hari Santri tahun ini, kita merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan.

Tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri” mengangkat makna yang dalam dan relevan dalam zaman ini. Di zaman yang penuh dengan tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

Para Santri adalah penjaga dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah, mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan. Santri adalah teladan dalam menjalani jihad ini. Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, mereka memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan.

 

 

Upacara Hari Santri berjalan dengan lancar dan aman, dan dilanjutkan dengan Tahlil diikuti oleh seluruh Warga Madrasah Serba Bakti Pontren Suryalaya, dilanjutkan penampilan-penampilan dari peserta didik Berprestasi dalam Perlombaan Seni dan Olahraga Madrasah yang telah dilaksanakan 2 hari kemarin diantaranya penampilan Juara dalam perlombaan Pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dilanjutkan Juara Perlombaan Singer Madrasah.

 

 

Kegiatan diakhiri dengan Pelaksanaan Shalat Dhuha berjamaah di Masjid Jami Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya, setelah itu peserta didik kembali ke sekolah untuk meramaikan hari santri dengan bersama-sama memakan Nasi Liwet di Lapangan Madrasah, dan Technical Meeting Perlombaan Olahraga yang dilaksanakan 3 hari kedepan oleh koordinator.

   

   

   

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Serba Bakti Mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan

TASIKMALAYA - Berdasarkan instruksi Pemerintah Kecamatan Pagerageung, pada tanggal 29 April 2024, dan juga Instruksi Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, pada tanggal 30 April 2024. P

02/05/2024 09:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 6 kali
Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Serba Bakti Gelar Upacara Bendera

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di dua tempat, Pertama Upacara Tingkat Madrasah di Lapangan

02/05/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 8 kali
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 8 kali