• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tingkat MTs se KKM MTsN 2 Tasikmalaya Tahun 2023

TASIKMALAYA - Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dan Keputusan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Nomor: B-7813/Kk. 10.06/I/Kp.01.1/11/2023 Tahun 2023 tentang Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah Jenjang RA, MI, MTs dan MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023. Memutuskan “Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Tentang Tim Penilai Kinerja Madrasah Jenjang RA, MI, MTs dan MA di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023: Membentuk Tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2023, bahwa setiap madrasah wajib mengikuti Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM).

 

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 November 2023 mulai pukul 08.00 s/d selesai bertempat di MTsN 2 Tasikmalaya yang diikuti oleh 26 Kepala Madrasah Tsanawiyah di bawah naungan KKM MTsN 2 Tasikmalaya diantaranya:

  1. MTsN 2 Tasikmalaya
  2. MTs Serba Bakti Suryalaya
  3. MTs Puteran
  4. MTs Islamiyah
  5. MTs Al Hidayah
  6. MTs Al Munawwaroh
  7. MTs Sindangraja
  8. MTs Pasanggrahan
  9. MTs Muawanah
  10. MTs Persis Tanjungsari
  11. MTs Muhammadiyah 5
  12. MTs Al Ishlah Karangmulya
  13. MTs Subulussalam
  14. MTs Al Muta’aly
  15. MTs Persis Ciberekah
  16. MTs Al Misfalah
  17. MTs Persis Panyusuhan
  18. MTs Cijangkar
  19. MTs Persis Kadipaten
  20. MTs Ibadur-rahman
  21. MTs Darul Hikmah
  22. MTs PSA Al Azhariyyah
  23. MTs Darul Huda Kadipaten
  24. MTs Darul Ulum
  25. MTs Bina Mandiri
  26. MTs Dirgahayu

Tim Penilai PKKM dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 1) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Dudu Rohman, M.Si. 2) Kepala Sub Bagian, H. Dedi Anwar Muhtadin, M.Pd. 3) Kepala Seksi Pendidikan, H. Dadang Solihin, M.Pd. 4) Pengawas Pembina Kemenag, Drs. Nurhamzah CS, M.Si., M.P.MAT., Dra. Nur Syamsiah Bahrum, M.Pd. dan Mimin Aminah, M.Pd.

 

Berdasarkan Informasi dari Ketua KKM MTsN 2 Tasikmalaya Drs. H. Dadang Asa, M. M.Pd. menyatakan bahwa materi PKKM terdiri dari: 1) Kinerja Kepala Madrasah (Usaha Pengembangan Madrasah, Manajerial, Kewirausahaan dan Supervisi). 2) Teknologi informasi dan Komunikasi. 3) Moderasi Beragama, wawasan kebangsaan. 4) Baca tulis Al-Quran. (Rapat kepala-kepala madrasah tanggal 09 November 2023 pukul 09.00 - 11.45 WIB)

Teknis Penilaian dalam PKKM tersebut meliputi 

  1. Wawancara (Moderasi dan Wawasan Kebangsaan)
  2. Observasi Pengembangan Madrasah, Supervisi, Manajerial, Kewirausahaan.
  3. Praktek BTQ
  4. Studi Dokumentasi Pengembangan Madrasah, Supervisi, Manajerial, Kewirausahaan
  5. Presentasi Kepala tentang Pengembangan Madrasah, Supervisi, Manajerial, Kewirausahaan. Dalam pelaksanaan penilaian Tersebut Kepala Madrasah harus membawa Kelengkapan Penilaian diantaranya Dokumen PKKM, Laptop dan Bahan Presentasi untuk ditampilkan.

Komponen Penilaian dalam PKKM sesuai dengan Rubrik Penilaian Presentasi yang harus di pedomani oleh Kepala Madrasah pada Saat Presentasi adalah Pra Presentasi, yang meliputi kemampuan mengoperasikan perangkat Presentasi dan kemampuan mengatasi Trouble perangkat Presentasi Pada Saat Presentasi, yang meliputi 1) Isi Presentasi yang berisi a) Profil Pribadi. b) Profil Madrasah. c) Tampilan Presentasi sesuai dengan Instrumen PKKM (Usaha Pengembangan Madrasah, Supervisi, Pengelolaan, Kewirausahaan dan Prestasi/ Hasil). d) Menunjukan Rencana Kerja. e) Menunjukan Laporan Kerja. dan f) Menunjukan Hambatan Kerja. 2) Penguasaan Materi dalam Menjelaskan Presentasi. Proses Tanya Jawab 1) Kemampuan Memahami Pertanyaan 2) Ketepatan dalam Menjawab 3) Etika dalam Menjawab. Penutup, Etika Mengakhiri Presentasi

 

Kegiatan Puncak Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) diawali dengan Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Sambutan yang pertama dari Ketua KKM MTsN 2 Tasikmalaya, Drs. H. Dadang Asa, M. M.Pd., sambutan kedua sekaligus membuka PKKM oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Dudu Rohman, M.Si. yang didampingi oleh Kepala Sub Bagian, H. Dedi Anwar Muhtadin, M.Pd. , Kasi Penma, H. Dadang Solihin, M.Pd., Pengawas Pembina, Drs. Nurhamzah CS, M.Si., M.P.MAT., Dra. Nur Syamsiah Bahrum, M.Pd. dan Mimin Aminah, M.Pd., dalam sambutannya Kepala Kemenag, menegaskan bahwa “Tujuan kegiatan PKKM ini adalah 1) Menghimpun Informasi sebagai dasar untuk Pengembangan Keprofesian berkelanjutan bagi Kepala Madrasah. 2) Menjaring Informasi sebagai bahan pengambilan keputusan dalam menetapkan efektivitas kinerja dan pertimbangan untuk penugasan kepala Madrasah. 3) Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja Kepala Madrasah. 4) Menjamin Objektivitas Pembinaan Kepala Madrasah melalui sistem Pengukuran dan Pemetaan kinerja kepala Madrasah. 5) Menyediakan Informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir Kepala Madrasah serta bentuk Penghargaan lainnya (SK Dirjen Pendis No. 1111 Tahun 2019), jelasnya.

Selanjutnya KASI Penma, H. Dadang Solihin, M.Pd. menambahkan bahwa, “Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan Proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar. Efektivitas penilaian Kinerja ditentukan dengan mengukur keberhasilan dalam mencapai target pada tiap indikator dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam program, Indikator-indikator tersebut dikembangkan dalam pelaksanaan tugas kepala madrasah dalam 5 unsur utama, yaitu: Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Pelaksanaan Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan dan hasil kinerja kepala madrasah” (SK Dirjen Pendis No. 1111 Tahun 2019) tambahnya.

 

Semoga Kegiatan Puncak PKKM di MTsN 2 Tasikmalaya berjalan lancar, kegiatan ditutup dengan pemberian refleksi oleh Tim Penilai serta memberikan saran dan masukan untuk perbaikan PKKM di masa yang akan datang.

Profil Tim Penilai Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Tahun 2023

     

Komentar

Semoga pelaksanaan PKKM berjalan lancar dan mendapat nilai yang maksimal, aamiin yra

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Serba Bakti Mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan

TASIKMALAYA - Berdasarkan instruksi Pemerintah Kecamatan Pagerageung, pada tanggal 29 April 2024, dan juga Instruksi Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, pada tanggal 30 April 2024. P

02/05/2024 09:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 11 kali
Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Serba Bakti Gelar Upacara Bendera

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di dua tempat, Pertama Upacara Tingkat Madrasah di Lapangan

02/05/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 12 kali
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 10 kali