• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pramuka MTs Serba Bakti Ikuti Webinar dan Tantangan Earth Hour Kwarcab Kab. Tasikmalaya Tahun 2024

SURYALAYA - Berdasarkan Surat Edaran Kwartir Cabang Kabupaten Tasikmalaya nomor: 013/0906-B, Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti ikuti Kegiatan Earth Hour Kwarcab Kab. Tasikmalaya Tahun 2024 bertema "Uniting for our one shared home" yang dilaksanakan pada Hari Sabtu (23/03/2024) secara Daring/ Zoom dengan menggunakan Seragam Pramuka.

MTs Serba Bakti melakukan Zoom meeting bekerjasama dengan Kakak-Kaka Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Pagerageung dan Dewan Racana Gerakan Pramuka IAI Latifah MUBAROKIYAH yang bertempat di Aula Mini MTs Serba Bakti Suryalaya. Peserta dari MTs. Serba Bakti sebanyak 13 orang anggota Pramuka, 1 orang pembina, 2 orang pembantu pembina.

Heri Muhammad Ibrahim, S.Pd.I. selaku Pembina Pramuka yang mendampingi WEBINAR mengatakan bahwa Kegiatan "Earth Hour merupakan salah satu gerakan masyarakat terbesar di dunia untuk peduli terhadap lingkungan. Gerakan ini melibatkan jutaan orang di seluruh dunia untuk berpartisipasi demi dampak lingkungan yang positif. Bukan hanya sebagai sebuah simbol kepedulian kita bersama bagi planet (bumi) dengan mematikan lampu, tetapi Earth Hour jauh melampaui itu. Gerakan ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk mulai mengubah planet menjadi lebih baik, bagi kita semua untuk bersama-sama melindungi dan memulihkan alam."

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyadarkan Pramuka untuk melakukan sesuatu untuk lingkungannya dan peka terhadap perubahan iklim. Kegiatan ini juga untuk memenuhi Earth Tribe Challange : Champion For Nature serta menjadi kampanye peduli lingkungan bagi Pramuka itu sendiri. Earth Hour bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memicu percakapan global tentang melindungi alam, mengatasi krisis iklim, dan bekerja sama untuk membentuk masa depan yang lebih cerah." Tambahnya.

Dasar Kegiatan Earth Hour ini didasari oleh: 1) Undang-undang RI No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, 2) Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 007/Munas/ 2018 Tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, 3) Petunjuk Penyelenggaraan No. 176 tahun 2013 tentang Pola Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega, 4) Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Nomor : 005 Tahun 2017, 5) Juklak Nomor 04 Tahun 2023 Tentang Program Messengers of Peace, 6) SK Kwarnas nomor 106 Tahun 2017 tentang Pedoman Program Gudep Ramah Lingkungan, 7) SK Kwarnas nomor 107 Tahun 2017 tentang Juknis Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup, dan 8) Hasil Rapat Pleno Dewan Kerja Cabang.

Kegiatan Earth Hour terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan diantaranya:

  1. Webinar, (Mandiri) namun bisa dipusatkan pada satu tempat
  2. Turn of the Lamp, (Mandiri/Kelompok) projek atau kegiatan bisa mandiri/kelompok, namun untuk pengunggahan/postingan harus per-orangan (masing– masing)
  3. Earth Tribe Challenge, (Mandiri/Kelompok) projek atau kegiatan bisa mandiri/kelompok, namun untuk pengunggahan/postingan harus perorangan (masing–masing)

Rundown Kegiatan Earth Hour Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya 2024 sebagai berikut:

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 34 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 67 kali
MTs Serba Bakti Pontren Suryalaya Laksanakan Ngaras, Ziarah dan Halal Bi Halal (HBH)

SURYALAYA – Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Hari Senin (16/01/2024), seluruh warga Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, Peserta Didik, Guru dan Ten

19/04/2024 07:38 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 23 kali