• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Peringati Hari Pendidikan Nasional, MTs Serba Bakti Gelar Upacara Bendera

SURYALAYA - Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di dua tempat, Pertama Upacara Tingkat Madrasah di Lapangan Upacara Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pontren Suryalaya, Kedua Upacara Tingkat Kecamatan (atas undangan dari kecamatan) di Komplek Pendidikan Yayasan Serba Bakti Kampus II Pontren Suryalaya pada Hari Kamis (02/05/2024).

Upacara diikuti oleh seluruh peserta didik seluruh Dewan Guru dan Staf, sedangkan petugas upacara oleh peserta didik yang telah dilatih oleh Guru Pembimbing Apel Pagi dan Upacara di hari sebelumnya. Petugas dan peserta didik mulai disiapkan sejak pukul 06.30 oleh pemimpin pasukan masing-masing dan dikomando latihan PBB dasar oleh pembina dan guru. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan berakhir pada pukul 08.00, selesai upacara peserta didik masuk kelas masing-masing dan belajar efektif sebagaimana biasanya. Guru sudah menunggu di depan kelas.

Petugas Upacara terdiri dari peserta didik aktivis organisasi (pengurus OSIS dan Ekstrakurikuler) yang mendapat kesempatan tampil pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ini, antara lain :

Pejabat Upacara

  1. Pengatur Acara oleh Ananda Indah Sari Rahayu
  2. Pemimpin Upacara oleh Ananda Rendi
  3. Pembawa Acara oleh Ananda Falah Nur Fadilah
  4. Ajudan Pembina Upacara oleh Ananda Bintang

Petugas Upacara

  1. Pembaca Teks UUD 1945, oleh Ananda Luthfi Ruhanah
  2. Pembaca Teks Do’a oleh Ananda Noval
  3. Dirgen oleh Ananda Hasna
  4. Pengibar Bendera oleh Ananda Kamelia, Raiqah, Putri Uni.

Pasukan Upacara

  1. Pinpas Putra oleh Ananda Rizki, Lukman
  2. Pinpas Putri oleh Ananda Zaskiya, Sabrina

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti, Nurhidayat, S.Ag., M.S.I., menyampaikan amanat sebagai berikut :

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan hari bersejarah nasional yang diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya. Peringatan Hardiknas merupakan momen istimewa bagi insan pendidikan untuk mengapresiasi jasa para pejuang pendidikan serta meningkatkan semangat mencerdaskan kehidupan bangsa, berdasarkan amanat Pembukaan UUD 1945, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Ki Hajar Dewantara membentuk tiga semboyan yang diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia. Ketiganya yakni sebagai berikut: 1) Ing Ngarso Sung Tulodo yang berarti 'Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik.' 2) Ing Madyo Mangun Karso yang berarti 'Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan Prakarsa dan ide.' 3) Tut Wuri Handayani yang berarti 'Di belakang, guru harus bisa memberikan dorongan atau arahan. (Puspem/ Rini Hairani)”

“Tahun Pelajaran 2024/2025, semua madrasah wajib menggunakan Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar adalah konsep belajar yang diperkenalkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI pada tahun 2020. Konsep ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa, serta untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dengan kemandirian, kreativitas, dan motivasi intrinsik yang kuat”. Tambahnya.

Merdeka Belajar adalah sebuah program yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim sebagai upaya mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Dikatakan merdeka dalam belajar artinya siswa memiliki kebebasan untuk berpikir dan berekspresi Merdeka belajar yaitu salah satu upaya kemerdekaan dalam berpikir dan berekspresi. Pada dasarnya program merdeka belajar ini memiliki tujuan untuk memerdekakan guru dan siswa. Ini sejalan dengan semangat Ki Hajar Dewantara yaitu memerdekakan manusia khususnya dalam hal pendidikan.

“Setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah, setiap aktivitas adalah belajar, jargon tersebut selaras dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan dan pendiri Taman Siswa. Kutipan ini berarti bahwa pendidikan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja”, Long Life Education.

(Sambutan selengkapnya dari Menteri Kemendikbudristek, Dapat dibaca pada link berikut: Pidato Mendikbudristek Dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024)

Setelah upacara dilanjutkan dengan pengumuman belajar dan foto bersama Kepala Madrasah, Dewan Guru, Tenaga Kependidikan dan Petugas Upacara, selanjutnya Peserta Didik memasuki kelas untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasanya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MTs Serba Bakti Mengikuti Upacara Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kecamatan

TASIKMALAYA - Berdasarkan instruksi Pemerintah Kecamatan Pagerageung, pada tanggal 29 April 2024, dan juga Instruksi Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya, pada tanggal 30 April 2024. P

02/05/2024 09:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 54 kali
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 45 kali
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 98 kali