• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, MTs Serba Bakti gelar Upacara Bendera

Kepala MTs Serba Bakti Suryalaya, Nurhidayat, S.Ag., M.S.I menjadi Pembina Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Jumat pagi, (1/10/2021). Upacara digelar dalam rangka mengenang jasa para pahlawan dan pejuang bangsa, terutama para Pahlawan Revoluasi yang gugur pada peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Pelaksanaan upacara peringatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut, berjalan dengan hidmat dan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19. Diikuti oleh siswa kelas VII (disesuaikan dengan jadwal PTMT) dengan mengenakan seragam pramuka. Dihadiri pula oleh Dewan Guru yang mengajar di hari Sayyidul ayyam itu.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 yaitu “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Pelaksanaannya pun dilakukan dengan prinsip sederhana, khidmat, minimalis dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID. Adapun urutan acara pokok, disesuaikan dengan aturan yang berlaku dari pemerintah, yaitu sebagai berikut:

  • Penghormatan umum kepada Inspektur/Pembina Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara
  • Laporan Komandan Upacara, upacara siap
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur/Pembina Upacara
  • Pembacaan Teks Pancasila
  • Pembacaan Naskah Pembukaan Undang–Undang Dasar 1945
  • Pembacaan Naskah Ikrar
  • Pembacaan Doa
  • Laporan Komandan Upacara, upacara selesai
  • Penghormatan umum kepada Inspektur/Pembina Upacara
  • Upacara selesai

Dalam amanatnya Nurhidayat menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila hendaknya dimaknai dan dihayati dengan sebaik-baiknya. Ia mengajak agar dapat membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kamad yang sering disapa Pak Nur itu pun menyerukan agar para siswa dapat meneruskan perjuangan para pahlawan Bangsa yang telah berkorban jiwa dan raga demi bangsa dan negara dengan cara mengaktualisasikan diri menjadi pelajar teladan di Sekolah/madrasah, Anak kesayangan di rumah, dan menjadi warga kebanggaan di masyarakat. Selain itu Ia pun menegaskan agar para siswa tidak melupakan sejarah.


Edaran Mendikbudristek RI tentang Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGAYAAN UM DI MTS SERBA BAKTI SURYALAYA

Pengayaan Ujian Madrasah (UM) kelas IX MTs Serba Bakti Suryalaya Tahun Pelajaran 2023/2024 tetap dilaksanakan meski di bulan Suci Ramadhan. Pengayaan tersebut dilaksanakan sejak tanggal

01/04/2024 23:00 - Oleh Kamaludin Koswara - Dilihat 488 kali
Kegiatan Kifrah Ramadhan di Masjid Nurul Asror bagi peserta didik Kelas VII dan VIII

SURYALAYA - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, didalamnya banyak hal unik dan menarik yang dapat dilakukan berkaitan dengan keagamaan yang tidak dapat kita jumpai di bulan l

01/04/2024 22:34 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 628 kali
Peserta Didik MTs Serba Bakti Semangat Mengikuti Kegiatan Pesantren Kilat di Daerahnya masing-masing

SURYALAYA – Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh peserta didik khususnya kelas 7 dan 8  ketika bulan Ramadhan adalah kegiatan Pesantren Ramadhan atau biasa disebut

01/04/2024 08:30 - Oleh Iyus Supriatna - Dilihat 653 kali