• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

CARA MELAMPIRKAN DOKUMEN DI E-MAIL GMAIL (CARA ATTACHMENT DI E-MAIL GOOGLE)

Bagaimana cara mengirimkan dokumen pada zaman dulu? Sebelum ada teknologi internet yang canggih seperti ini, dulu orang berkirim dokumen lewat jasa kurir bahkan burung merpati. Waktu yang dibutuhkan pun sangat lama.

Sekarang, teknologi internet sudah memungkinkan pengiriman dokumen lewat e-mail yang serba cepat, hanya dengan beberapa klik dokumen bisa dikirim saat itu juga ke berbagai tempat yang berbeda.

Cara Mengirim Dokumen Lewat E-mail

Dokumen-dokumen yang dapat dikirim lewat e-mail di antaranya adalah sebagai berikut: dokumen teks, dokumen gambar, dokumen video, dokumen suara. Semuanya dokumen itu bisa dikirimkan melalui e-mail.

Bagaimana caranya melamirkan dokumen di Gmail?

Cara kirim dokumen melalui e-mail sangat gampang, Anda hanya butuh meng-attach/melampirkan file ketika mengirimkan e-mail. Semua layanan e-mail (Yahoo, Gmail, Windows) menyediakan fasilitas pelampiran ini.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Masuk ke akun Gmail lalu pilih/klik tulisan TULIS/Compose

  1. Lengkapi badan e-mail (alamat tujuan, subjek e-mail, badan e-mail)
  2. Lampirkan file/dokumen
  3. Pilih file yang akan dilampirkan
  4. Kirim

Agar lebih jelas, sebaiknya perhatikan gambar di bawah ini.

 

1# Masuk ke akun Gmail dan klik TULIS (Lihat icon yang diberi kotak hijau) kemudian akan muncul jendela e-mail seperti gambar di langkah 2.

2# Lengkapi badan e-mail (tulis alamat penerima, subjek e-mail, dan pengantar)

3# Setelah badan e-mail dilengkapi, lampirkan file dengan meng-klik icon klip kertas (akan muncul jendera baru untuk memlih file yang akan dilampirkan)

4# Pilih file yang akan dilampirkan (klik 1x kemudian klik open/buka)

5# Setelah file selesai diunggah, langsung klik tulisan KIRIM. 

Cara mengirim dokumen lewat e-mail hanya butuh 5 langkah mudah seperti di atas. Sekarang Anda bisa mengirimkan file/dokumen ke siapa saja dengan sangat mudah.

Cara Mengirimkan File Berukuran Besar

Sebagai informasi tambahan, ukuran file yang bisa dikirimkan via e-mail ini dibatasi. File yang memungkinkan dikirim via e-mail hanya file-file berukuran kecil mulai dari 1-20Mb saja. Bila ukuran file lebih besar dari 20Mb, Anda tidak bisa meng-attach atau melampirkan file tersebut.


Bila ukuran (size) file terlalu besar, hal ini masih bisa diatasi, Anda hanya butuh mengunggah file di tempat penyimpanan file gratis yang biasanya sudah disediakan oleh masing-masing pemberi layanan e-mail itu. Misalnya melalui dropbox, unggah filenya di Dropbox kemudian kirimkan linknya ke si penerima e-mail.

Pertanyaannya adalah di mana harus mengunggah file sebagai media penyimpanan data gratis? Jawabannya, banyak. Seperti yang saya sebutkan di atas, salah satunya di Dropbox. Atau Anda bisa menggunakan layanan lain seperti MediaFire dan sebagainya.

Semoga cara mengirim dokumen via e-mail ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

Komentar

Y

Artikel bagus. Terimakasih Kak ilmunya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kegiatan Kifrah Ramadhan di Masjid Nurul Asror bagi peserta didik Kelas VII dan VIII

SURYALAYA - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, didalamnya banyak hal unik dan menarik yang dapat dilakukan berkaitan dengan keagamaan yang tidak dapat kita jumpai di bulan l

01/04/2024 22:34 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 638 kali
Pramuka MTs Serba Bakti Ikuti Webinar dan Tantangan Earth Hour Kwarcab Kab. Tasikmalaya Tahun 2024

SURYALAYA - Berdasarkan Surat Edaran Kwartir Cabang Kabupaten Tasikmalaya nomor: 013/0906-B, Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti ikuti Kegiatan Earth Hour Kwarcab Kab. Tasikmalaya Tahu

25/03/2024 10:35 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 90 kali
Pemberitahuan Kegiatan Pembelajaran Bulan Ramadhan

Pertama, Menindaklanjuti Surat Pengantar Kementerian Agama Republik Indonesia, Nomor 180.5/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2024 perihal Kegiatan Pembelajaran di Madrasah Pada Bulan Ramadhan sebaga

04/03/2024 11:48 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 96 kali