• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

Cetak generasi Hebat, MTs Serba Bakti Bekali 75 Aktivis Ragam Kompetensi

DIKLAT – MTS SERBA BAKTI (30/9/2022). Dengan mengusung tema “Generasi Hebat Generasi Bermartabat, Berjiwa Pemimpin Berkahklak Tasawuf”, sebanyak 75 peserta Diklat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstrakurikuler MTs Serba Bakti Suryalaya dibekali beragam kompetensi.

Kompetensi tersebut diberikan melalui beberapa materi diklat. Pada season I, materi Kepemimpinan disampaikan oleh Nurhidayat, S.Ag., M.S.I. Diantara isi materi; pengetahuan dan pengalaman serta motivasi tentang kepemimpinan yang disampaikan, Nurhidayat memberikan pesan kepada para peserta agar berjuang meraih wibawa dan kharisma kepemimpinan sejak saat ini. Ia menekankan agar tipologi Kepemimpinan Rasulullah saw. dan Kepemimpinan Pangersa Abah Anom r.a. hendaknya dijadikan tauladan bagi para pemimpin masakini. “... Evaluasi diri, siapa yang peduli pada diri saya apabila bukan saya sendiri, maka saya harus memberdayakan diri, saya harus dapat memenej diri sendiri, saya harus jadi pemimpin sejati.” Tegasnya.

Season II diisi dengan materi Administrasi Organisasi. Di season kedua tersebut Kamaludin Koswara, M.Ag. menjelaskan format-format administrasi yang harus dipahami oleh para pengurus organisasi. setidaknya ada 12 format administrasi yang dipaparkan kepada peserta diklat, antara lain Buku Induk Pengurus, Buku Program Kegiatan, Buku Agenda Kegiatan Harian, Agenda Surat Masuk & Keluar, Buku Ekspedisi Surat, Data Potensi Pengurus, Data Potensi Pembina dan administrasi lainnya.

Pada season III diisi oleh Aa Nuryanto, S.Pd. dengan materi Public Speaking. Dengan materi tersebut para peserta dilatih agar mahir menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan banyak orang, baik itu berupa pidato, presentasi, berkomentar atau bentuk lainnya. 

Tak kalah pentingnya, materi Dinamika Kelompok disampaikan pula pada season IV oleh Dra. Ai Sadiah. Dinamika kelompok sangat penting dipelajari untuk memberikan kesadaran bahwa Individu tidak mungkin hidup sendiri di dalam masyarakat, Individu tidak dapat pula bekerja sendiri dalam memenuhi kehidupannya, dalam masyarakat/organisasi yang besar, perlu adanya pembagian kerja agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik, dan masih banyak alasan pentingnya mempelajari dinamika kelompok.

Selain itu di awal hari kedua kegiatan Diklat (1/10/2022), para peserta dibekali dengan bimbingan spiritual melalui amaliyah TQN Pontren Suryalaya dimulai dengan qiyamullail (mandi taubat dan shalat malam), dzikir dan do’a, Shalat Subuh Berjamaan serta berziarah ke Pangersa Abah Sepuh ra. dan Abah Anom ra.

Adapun materi yang disampaikan pada hari kedua yaitu Tupoksi dalam Organisasi oleh Irfan Abadi, M.Ag. dan Penjelasan Cara Memberikan Instruksi (CMI) oleh Iyus Supriatna, S.Pd.

Komentar

????????????

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Upacara Bendera Hari Senin, Kepala Madrasah Menegaskan Peserta Didik Untuk Tingkatkan Disiplin di Madrasah

SURYALAYA - Sudah menjadi kebiasaan rutin setiap hari Senin, di setiap lembaga pendidikan, terutama di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dilaksanakannya Upacara

29/04/2024 08:00 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 7 kali
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 52 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 94 kali