• MTS. SERBA BAKTI SURYALAYA

  • Madrasah Hebat Bermartabat

PAS MTs. SERBA BAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 3001 Tahun 2022 tanggal 03 Juni 2022 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023, maka Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, telah bersiap-siap untuk melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS).

PAS merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). PAS diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester. Hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

Panitia PAS telah mendapat pengarahan dari Kepala Madrasah yang menegaskan bahwa Prinsip Kerja itu minimal Cepat Respon, Cepat Tanggap, Cepat Tindak dan Cepat Tuntas, Kerjakan Tugas Tanpa Tapi, Tuntaskan Tanpa Nanti dan Inovasi Tanpa Henti, dalam usaha optimalisasi pelayanan kepada peserta didik supaya tidak mengecewakan orang tua/wali, maka setiap tahun wajib ada peningkatan persiapan dalam berbagai kegiatan madrasah, termasuk persiapan Penilaian Akhir Semester, Panitia harus piawai menyusun perencanaan yang sebaik-baiknya, sebab perencanaan memegang peranan penting untuk menunjang suksesnya kegiatan, rencana itu harus matang, jangan asal, sebagai mana quote Benjamin Franklin, If You Fail to Plan, You Plan to Fail, jika kamu gagal merencanakan, sama dengan kamu merencanakan kegagalan.

Kegiatan evaluasi melalui pelaksanaan PAS pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (madrasah) melalui guru untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai waktu yang diprogramkan. Hasil itu sendiri dapat menjadi bahan tindak lanjut bagi guru untuk meneruskan, mengulang, memberi perbaikan (remedial) atau bahkan memberikan pengayaan baik secara klasikal maupun individual. Dari hasil analisis tersebut guru dapat mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pengajaran yang berkesinambungan.

Panitia PAS Tahun Pelajaran 2022/2023 kali ini, alhamdulilah sudah tuntas melaksanakan persiapan sejak minggu akhir bulan November lalu, segala kelengkapan administrasi dan sarana prasarana sudah siap, semoga peserta didik juga sudah siap, sebab sejak awal bulan November 2022 sudah diperingatkan agar focus belajar, menghafal dan berdo’a (beribadah), bahkan pada saat Pembinaan Ibadah sehari semalam di madrasah, peringatan untuk persiapan ujian agar memohon kepada Allah SWT dan senantiasa dipanjatkan saat berdo’a selalu disampaikan, semoga PAS tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pada tanggal 05 Desember 2022 – 10 Desember 2022 akan dilaksanakan PAS untuk kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9, Penilaian diadakan di madrasah yang terbagi dalam dua dan tiga sesi. Sesi 1 pukul 07:00 s.d. 09:00, sesi 2 pukul 09:15 s.d. 10:45, dan sesi 3 pukul 10.30 s.d 12.30. PAS di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pontren Suryalaya semoga berjalan dengan tertib dan aman.

Berdasarkan Keputusan Kepala Madrasah Nomor : SKEP-011/MTs.-SB/PAN-PAS/XI/2022 Tanggal 07 November 2022 Tentang Panitia Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023, Ketua Panitia Rian Syaiful Anwar, S. Pd., mewakili jajaran Panitia PAS menyampaikan Laporan Kesiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) kepada Kepala Madrasah dengan rincian laporan sebagai berikut :

Dasar Pemikiran

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). PAS diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester. Hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik, memperbaiki proses pembelajaran dan menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, akhir semester, dan kenaikan kelas.

Atas pemikiran tersebut, MTs Serba Bakti berupaya untuk menyelenggarakan PAS dengan baik mengacu pada Program Kerja yang telah disusun oleh Panitia yang telah di SK-kan oleh Kepala Madrasah.

Landasan Hukum

  1. Panitia melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) berpedoman pada peraturan–peraturan seperti tersebut di bawah ini, yaitu :
  2. Undang-Undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilain Pendidik;
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
  5. Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Pedoman KurikulPAS Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah;
  6. Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi KurikulPAS pada Madrasah;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan;
  8. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah;
  9. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3001 Tahun 2022 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023

Maksud dan Tujuan

Secara umum tujuan diadakannya Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut:

  1. Mengukur tingkat kemampuan belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selama satu semester.
  2. Mengukur daya serap peserta didik dalam menerima materi pelajaran
  3. Mengukur tingkat pencapaian tujuan pembelajaran
  4. Mengukur tingkat keberhasilan pendidik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran

Sasaran

Sasaran pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah Peserta Didik Kelas VII, Kelas VIII dan Kelas IX yang terdaftar dalam EMIS MTs Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, yaitu 567 orang.

Susunan Panitia

Rencana Kegiatan Panitia

Jadwal Penilaian

Rencana Pelaporan

Setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) selesai pihak panitia akan membuat laporan untuk:

  1. Kepala Sekolah mengenai pelaksanaan PAS yang meliputi:
  2. Jumlah peserta PAS;
  3. Hasil PAS;
  4. Penggunaan dana untuk biaya PAS;
  5. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan PAS;
  6. Pengarsipan

Hal-hal yang perlu diarsipkan meliputi:

  1. Perangkat
  2. Naskah soal yang diujikan untuk dijadikan sebagai Bank Soal MTs. Serba Bakti Suryalaya
  3. Berita acara dan daftar hadir peserta PAS
  4. Administrasi PAS secara keseluruhan
  5. Analisis butir soal dan analisis hasil belajar
  6. Analisis butir soal dilakukan untuk mengetahui tingkat kesukaran dan daya pembeda setiap butir soal sehingga dapat dijadikan dan dipergunakan lagi sebagai acuan dan evaluasi tahun berikutnya.
  7. Analisis hasil belajar dilakukan untuk mengetahui ketuntasan belajar setiap peserta didik sehingga dapat diambil kesimpulan terhadap pencapaian target pembelajaran.

Panitia PAS telah mematangkan persiapan pada hari Sabtu tanggal 03 Desember 2022 dan telah menyampaikan pengumuman penting persiapan ujian kepada peserta didik, mulai dari persiapan di rumah, etika di perjalanan, berdo’a, pelaksanaan ujian, tampilan berpakaian, menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar dapat mengikuti ujian dengan bugar dan bersemangat serta pembacaan Tata Tertib Peserta PAS Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diakhiri dengan pembagian kartu ujian.

Kepala Madrasah, Dewan Guru, Karyawan dan Staf beserta Komite Madrasah berdo’a semoga anak-anaku Peserta Didik MTs. Serba Bakti, sebagai peserta ujian, senantiasa sehat lahir batin, tetap semangat dan bugar selama ujian berlangsung, mendapat do’a dan ridlo Ibu Bapak dan Keluarga serta mendapatkan pertunjuk, perlindungan dan pertolongan Allah SWT, sehingga semuanya mendapatkan hail ujian yang memuaskan, semoga prestasi anak-anaku meningkat pada pelaksanaan PAS Tahun Pelajaran 2022/2023 ini.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Hari Kedua AM, Pengawas Madrasah lakukan Monitoring dan Evaluasi di MTs Serba Bakti

SURYALAYA - Hari Kedua Asesmen Madrasah (AM) MTs. Serba Bakti kedatangan Pengawas Pembina Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Ibu Hj. Mimin Aminah, M.Pd., dalam rangka M

23/04/2024 14:05 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 49 kali
Hari Pertama Asesmen Madrasah (AM) MTs Serba Bakti, Kepala Madrasah Lakukan Monitoring ke Setiap Ruang

SURYALAYA - Senin (22/04/2024) Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Laksanakan Asesmen Madrasah (AM) bagi Peserta Didik Akhir Kelas IX bertempat di area MTs Serba

22/04/2024 10:19 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 92 kali
MTs Serba Bakti Pontren Suryalaya Laksanakan Ngaras, Ziarah dan Halal Bi Halal (HBH)

SURYALAYA – Pasca Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Hari Senin (16/01/2024), seluruh warga Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, Peserta Didik, Guru dan Ten

19/04/2024 07:38 - Oleh Rian Syaiful Anwar - Dilihat 32 kali